Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
BAHASA INDONESIA=Kelas VII, Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Mendengarkan 1. Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan berita | 1.1 Menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat. 1.2 Menuliskan kembali berita yang dibacakan kedalam bebarapa kalimat. |
Berbicara 2. Mengungkapkan pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita dan menyampaikan pengumuman | 2.1 Menceritakan pengalaman yang paling mengesankan dengan menggunakan pilihan kata dan kalimat. 2.2 Menyampaikan pengumuman dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat-kalimat yang lugas dan sederhana |
Membaca 3. Memahami ragam teks nonsastra dengan berbagai cara membacanya | 3.1 Menemukan makna kata tertentu dalam kamus secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan melalui kegiatan membaca memindai. 3.2 Menyimpulkan isi bacaan setelah membaca cepat 200 kata per menit. 3.3 Membacakan berbagai teks perangkat upacara dengan intonasi yang tepat. |
Menulis 4. Mengungkapkan pikiran dan pengalaman dalam buku harian dan | 4.1 Menulis buku harian atau pengalaman pribadi dengan memperhatikan cara pengungkapan dan bahasa yang baik dan benar. 4.2 Menulis 4.3 Menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif, baik dan benar. |
Kelas VII, Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Mendengarkan 5. Mengapresiasikan pikiran dan perasaan melalui kegiatan bercerita | 5.1 Menemukan hal-hal yang menarik dari dongeng yang diperdengarkan. 5.2 Menunjukkan relevansi isi dongeng dengan situasi sekarang. |
Berbicara 6. Mengekspresikan pikiran dan perasaan melalui kegiatan bercerita | 6.1 Bercerita dengan urutan yang baik, suara, lafal, intoasi, gestur dan mimik yang tepat. 6.2 Bercerita dengan alat peraga. |
Membaca 7. Memahami isi berbagai teks bacaan sastra dengan membaca | 7.1 Menceritakan kembali cerita anak yang dibaca. 7.2 Mengomentari buku cerita yang dibaca. |
Menulis 8. Mengekspresikan pikiran, perasaan dan pengalaman melalui pantun dan dongeng | 8.1 Menulis pantun yang sesuai dengan syarat pantun. 8.2 Menulis kembali dengan bahasa sendiri dongeng yang pernah dibaca atau didengar |
Mendengarkan 9. Memahami wacana lisan melalui kegiatan wawancara | 9.1 Menyimpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan seorang tokoh / narasumber yang disampaikan dalam wawancara. 9.2 Menuliskan dengan singkat hal-hal penting yang dikemukakan narasumber dalam wawancara. |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | |
Berbicara 10. Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman melalui kegiatan menanggapi cerita dan bertelepon. | 10.1 Mencerita tokoh idola dengan mengemukakan identitas dan keunggulan tokoh, serta alas an mengidolakannya dengan pilihan kata yang sesuai. 10.2 Bertelepon dengan kaliat yang efektif dan bahasa yang santun. | |
Membaca 11. Memahami wacana tulis melalui kegiatan membaca intensif dan membaca memindai | 11.1 Mengungkapkan hal-hal yang dapat diteladani dari buku biografi yang dibaca secara intensif. 11.2 Menemukakan gagasan utama dalam teks yang dibaca. 11.3 Menemukan informasi secara cepat dari tabel / diagram yang dibuat. | |
Menulis 12. Mengungkapkan berbagai informasi dalam bentuk narasi dan pesan singkat. | 12.1 Mengubah teks wawancara menjadi narasi dengan memperhatikan cara penulisan kalimat langsung dan tak langsung. 12.2 Menulis pesan singkat sesuai dengan isi dengan menggunakan kalimat efektif dan bahasa yang santun. | |
Mendengarkan 13. Memahami pembacaan puisi | 13.1 Menanggapi cara pembacaan puisi 13.2 Merefleksi isi puisi yang dibacakan | |
Berbicara 14. Mengungkapkan tanggapan terhadap pembacaan cerpen | 14.1 Menanggapi cara pembacaan cerpen 14.2 Menjelaskan hubungan latar suatu cerpen (cerita pendek) dengan realitas social | |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Membaca 15. Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca puisi dan buku cerita anak | 15.1 Membaca indah puisi dengan menggunakan irama, volume suara, mimik, kinesik yang sesuai dengan isi puisi. 15.2 Menemukan realitas kehidupan anak yang terefleksi dalam buku cerita anak baik asli maupun terjemahan. |
Menulis 16. Mengungkapkan keindahan alam dan pengalaman melalui kegiatan menulis kreatif puisi | 16.1 Menulis kreatif puisi berkenaan dengan keindahan alam. 16.2 Menulis kreatif puisi berkenaan dengan peristiwa yang pernah dialami. |
Kelas VIII, Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Mendengarkan 1. Memahami wacana lisan berbentuk laporan | 1.1 Menganalisis laporan. 1.2 Menanggapi isi laporan |
Berbicara 2. Mengungkap berbagai informasi melalui wawancara dan presentasi laporan | 2.1 Berwawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan dengan memperhatikan etika berwawancara. 2.2 Menyampaikan laporan secara lisan dengan bahasa yang baik dan benar. |
Membaca 3. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca memindai, membaca cepat. | 3.1 Menemukan informasi secara cepat dan tepat dari ensiklopedi / buku telepon dengan membaca memindai 3.2 Menemukan tempat atau arah dalam konteks yang sebenarnya sesuai dengan yang tertera pada denah 3.3 Menyimpulkan isi suatu teks dengan membaca cepat 250 kata per menit |
Menulis 4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk laporan, | 4.1 Menulis laporan dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar. 4.2 Menulis 4.3 Menulis petunjuk melakukan sesuatu dengan urutan yang tepat dan menggunakan bahasa yang efektif. |
Mendengarkan 5. Mengapresiasi pementasan drama | 5.1 Menanggapi unsur pementasan drama 5.2 Mengevaluasi pemeran tokoh dalam pementasan drama. |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Mendengarkan 6. Memahami wacana lisan berbentuk laporan | 6.1 Bermain peran sesuai dengan naskah yang ditulis siswa. 6.2 Bermain peran dengan cara improvisasi sesuai dengan kerangka naskah yang ditulis siswa. |
Membaca 7. Memahami teks drama dan novel remaja | 7.1 Mengidentifikasi unsur intrinsik teks drama.. 7.2 Membuat sinopsis novel remaja |
Menulis 8. Mengungkapkan pikiran dan perasaan melalui kegiatan menulis kreatif naskah drama. | 8.1 Menulis kreatif naskah drama satu babak dengan memperhatikan keaslian ide. 8.2 Menulis kreatif naskah drama satu babak dengan memperhatikan kaidah penulisan naskah drama. |
Kelas VIII, Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Mendengarkan 9. Memahami isi berita dari radio / televisi | 9.1 Menemukakan pokok-pokok berita (apa, siapa, dimana, kapan, mengapa, dan bagaimana) yang didengar dan atau ditonton melalui radio / televisi. 9.2 Mengemukakan kembali berita yang didengar / ditonton melalui radio / televisi. |
Berbicara 10. Mengemukakan pikiran, perasaan dan informasi melalui kegiatan diskusi dan protokoler. | 10.1 Menyampaikan persetujuan, sanggahan, dan penolakan pendapat dalam diskusi disertai dengan bukti atau alasan. 10.2 Membawakan acara dengan bahasa yang baik dan benar, serta santun. |
Membaca 11. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca ekstensif dan membaca nyaring. | 11.1 Menemukan masalah utama dari beberapa berita yang bertopik sama melalui membaca ekstensif. 11.2 Menemukan informasi untuk bahan diskusi melalui membaca intensif. 11.3 Membacakan teks berita dengan intonasi yang tepat serta artikulasi dan volume suara yang jelas |
Menulis 12. Mengungkapkan informasi dalam bentuk rangkuman, teks berita, slogan / poster. | 12.1 Menulis rangkuman isi buku ilmu pengetahuan populer. 12.2 Menulis teks berita secara singkat, padat dan jelas. 12.3 Menulis slogan / poster untuk berbagai keperluan dengan pilihan kata dan kalimat yang bervariasi, serta persuasif. |
Kelas IX, Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Mendengarkan 1. Memahami dialog interaktif pada tayangan televisi / siaran radio. | 1.1 Menyimpulkan isi dialog interaktif beberapa narasumber pada tayangan televisi / radio. 1.2 Mengomentari pendapat narasumber dalam dialog interaktif pada tayangan televisi / radio. |
Berbicara 2. Mengungkap pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk komentar dan laporan. | 2.1 Mengkritik / memuji berbagai karya (seni atau produk) dengan bahasa yang lugas dan santun. 2.2 Melaporkan secara lisan erbagai peristiwa dengan menggunakan kalimat yang jelas. |
Membaca 3. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca intensif dan membaca memindai. | 3.1 Membedakan antara fakta dan opini dalam teks iklan di 3.2 Menemukakan informasi yang diperlukan secara cepat dan tepat dari indeks buku melalui kegiatan membaca memindai. |
Menulis 4 Mengungkapkan informasi dalam bentuk iklan baris, resensi dan karangan. | 4.1 Menulis iklan baris dengan bahasa yang singkat, padat dan jelas. 4.2 Meresensi buku pengetahuan. 4.3 Menyunting karangan dengan berpedoman pada ketepatan ejaan, tanda baca, pilihan kata, keefektifan kalimat, keterpaduan paragraph dan kebulatan wacana. |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | |
Mendengarkan 5 Memahami wacana sastra jenis syair melalui kegiatan mendengarkan syair. | 5.1 Menemukan tema dan pesan syair yang dierdengarkan. 5.2 Menganalisis unsur-unsur syair yang diperdengarkan. | |
Berbicara 6. Mengungkapkan kembali cerpen dan puisi dalam bentuk yang lain. | 6.1 Menceritakan kembali secara lisan isi cerpen. 6.2 Menyanyikan puisi yang sudah dimusikalisasi dengan berpedoman pada kesesuaian isi puisi dan suasana / irama yang dibangun. | |
Membaca 7. Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca buku kumpulan cerita pendek (cerpen) | 7.1 Menemukan tema, latar, penokohan pada cerpen-cerpen dalam satu buku kumpulan cerpen. 7.2 Menganalisis nilai-nilai kehidupan pada cerpen-cerpen dalam satu buku kumpulan cerpen. | |
Menulis 8. Mengungkapkan kembali pikiran, perasaan dan pengalaman dalam cerita pendek. | 8.1 Menuliskan kembali dengan kalimat sendiri cerita pendek yang pernah dibaca. 8.2 Menulis cerita pendek bertolak dari peristiwa yang pernah dialami. | |
Kelas IX, Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Mendengarkan 9. Memahami isi pidato / khotbah / ceramah | 9.1 Menyimpulkan pesan pidato/ ceramah/ khotbah yang didengar. 9.2 Memberi komentar tentang isi pidato/ ceramah/ khotbah. |
Berbicara 10. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam pidato dan diskusi. | 10.1 Berpidato/berceramah/berkhotbah dengan intonasi yang tepat dan artikulasi serta volume suara yang jelas. 10.2 Menerapkan prinsip-prinsip diskusi. |
Membaca 11. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca ekstensif, membaca intensif dan membaca cepat | 11.1 Menemukan gagasan dari beberapa artikel dan buku melalui kegiatan membaca ekstensif. 11.2 Mengubah sajian grafik, tabel, atau bagan menjadi uraian melalui kegiatan membaca intensif. 11.3 Menyimpulkan gagasan utama suatu teks dengan membaca cepat ± 200 kata per menit. |
Menulis 12. Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi dalam bentuk karya ilmiah sederhana, teks pidato, | 12.1 Menulis karya ilmiah sederhana dengan menggunakan berbagai sumber. 12.2 Menulis teks pidato / ceramah / khotbah dengan sistematika dan bahasa yang efektif. 12.3 Menulis |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Mendengarkan 13. Memahami wacana sastra melalui kegiatan mendengarkan pembacaan kutipan/sinopsis novel | 13.1 Menerangkan sifat-sifat tokoh dari kutipan novel yang dibacakan. 13.2 Menjelaskan alur peristiwa dari suatu synopsis novel yang dibacakan. |
Berbicara 14. Mengungkapkan tanggapan terhadap pementasan drama | 14.1 Membahas pementasan drama yang ditulis siswa 14.2 Menilai pementasan drama yang dilakukan oleh siswa. |
Membaca 15. Memahami novel dari berbagai angkatan. | 15.1 Mengidentifikasi kebiasaan, adat, etika yang terdapat dalam buku novel angkatan 20 – 30 an. 15.2 Membandingkan karakteristik novel angkatan 20 – 30 an. |
Menulis 16. Menulis naskah drama | 16.1 Menulis naskah drama berdasarkan cerpen yang sudah dibaca. 16.2 Menulis naskah drama berdasarkan peristiwa nyata. |
0 komentar:
Posting Komentar