SMPN2ANGKINANG
this site the web

SEKOLAH ADIWIYATA DAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP (PLH)


 

PROGRAM  PENGELOLAAN SEKOLAH

SMPN 2 ANGKINANG

BERWAWASAN LINGKUNGAN MENUJU SEKOLAH ADIWIYATA

Sebagai salah satu penghuni planet bumi ini, kita berkewajiban menjaga kelestarian alam dan lingkungan, yaitu dimulai dari diri sendiri, dimulai dari hal yang terkecil, dan dimulai saat ini juga.
Empat aspek yang harus menjadi perhatian sekolah untuk dikelola dengan cermat dan benar apa bila mengembangkan Program Adiwiyata yakni ; Kebijakan, Kurikulum, Kegiatan, dan Sarana Prasarana. Sehingga secara terencana Pengelolaan aspek-aspek tersebut harus diarahkan pada indikator yang telah ditetapkan dalam program Adiwiyata.
1) Kebijakan Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan,
2) Kurikulum Berbasis.. Lingkungan,
3) Kegiatan Berbasis Parisipatif dan
4) Sarana dan Prasarana Pendukung Ramah Lingkungan.
1. Pengembangan Kebijakan Sekolah.
Untuk mewujudkan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan maka diperlukan model pengelolaan sekolah yang mendukung dilaksanakannya pendidikan lingkungan hidup oleh semua warga sekolah sesuai dengan prinsip-prinsip dasar Program Adiwiyata yakni Partisipatif dan Berkelanjutan. Pengembangan Kebijakan Sekolah yang diperlukan untuk mewujudkan Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan tersebut antara lain ;
  1. Visi dan Misi Sekolah yang Peduli dan Berbudaya Lingkungan.
  2. Kebijakan Sekolah dalam mengembangkan Pendidikan Lingkungan Hidup.
  3. Kebijakan Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) baik Pendidikan maupun tenaga Kependidikan di bidang Pendidikan Lingkungan Hidup.
  4. Kebijakan Sekolah dalam hal penghematan Sumber Daya Alam
  5. Kebijakan Sekolah yang mendukung terciptanya Lingkungan Sekolah yang Bersih dan Sehat.
  6. Kebijakan Sekolah untuk pengalokasian dan penggunaan dana bagi kegiatan yang terkait dengan lingkungan hidup.
2. Pengembangan Kurikulum Berbasis Lingkungan
Penyampaian materi lingkungan hidup kepada para peserta didik dapat dilakukan melalui kurikulum belajar yang bervariasi, dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang lingkungan hidup yang dikaitkan dengan persoalan lingkungan sehari-hari. Pengembangan kurikulum berbasisi lingkungan hidup mewujudkan Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan dapat dicapai dengan melakukan hal-hal berikut ini :
a. Pengembangan model pembelajaran lintas mata pelajaran,
b. Penggalian dan pengembangan materi dan persoalan lingkungan hidup yang ada di masyarakat sekitar,
c. Pengembangan metode belajar berbasis lingkungan dan budaya,
d. Pengembangan kegiatan kurikuler untuk peningkatan pengetahuan dan kesadaran siswa tentang lingkungan hidup.
3. Pengembangan Kegiatan Berbasis Parsitipatif
Untuk mewujudkan Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan, warga sekolah perlu dilibatkan dalam berbagai aktivitas pembelajaran lingkungan hidup. Selain itu sekolah juga diharapkan melibatkan masyarakat di sekitarnya dalam melakukan berbagai kegiatan yang memberikan manfaat baik bagi warga sekolah, masyarakat maupun lingkungannya. Kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan oleh warga sekolah dalam pengembangan kegiatan berbasis partisipatif antara lain :
  1. Menciptakan kegiatan ekstrakurikuler/kurikuler di bidang lingkungan hidup berbasis partisipatif di sekolah,
  2. Mengikuti kegiatan aksi lingkungan hidup yang dilakukan oleh pihak luar,
  3. Membangun kegiatan kemitraan atau memprakarsai pengembangan pendidikan lingkungan hidup di sekolah.
4. Pengelolaan dan atau pengembangan Sarana Pendukung Sekolah
Dalam mewujudkan Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan sarana prasarana yang mencerminkan upaya pengelolaan lingkungan hidup. Pengelolaan dan pengembangan sarana tersebut antara lain :


  1. Pengembangan fungsi sarana pendukung sekolah yang ada untuk pendidikan lingkungan hidup,
  2. Peningkatan kualitas pengelolaan lingkungan di dalam dan di luar kawasan sekolah,
  3. Penghematan sumberdaya alam (listrik, air dan ATK),
  4. Peningkatan kualitas pelayanan makanan sehat,
  5. Pengembangan sistem pengelolaan sampah.

VISI DAN MISI
SMP NEGERI 2 ANGKINANG
VISI :
Terwujudnya Sekolah Sehat, Peduli dan Berbudaya Lingkungan, Mencetak Siswa Beriman dan Bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, Unggul, Berprestasi, Mandiri, Berakhlak Mulia, Berwawasan Nasional dan Internasional.

MISI :
1. Mewujudnya Lingkungan Sekolah Yang Sehat
2. Mewujudkan Sekolah yang Peduli dan Berbudaya Lingkungan
3.  Mewujudkan Prestasi Akademik Maupun Non Akademik
4. Mewujudkan Standar Kompetensi Lulusan
5. Mewujudkan Standar Kurikulum Nasional
6. Mewujudkan Standar Proses Belajar Mengajar
7. Mewujudkan Standar Sarana Prasarana Pendidikan
8. Mewujudkan Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
9. Mewujudkan Standar Manajemen
10. Mewujudkan Standar Pembiayaan
11. Mewujudkan Standar System Penilaian

ADIWIYATA

Usia sekolah adalah mencerminkan kondisi dimasa depan, maka untuk membangun kesadaran terhadap upaya pelestarian fungsi lingkungan hidup akan lebih baik dimulai dari usia sekolah. Sehingga mulai usia sekolah mereka segera berbuat nyata agar lingkungan hidupnya lebih menjanjikan kondisi yang layak secara ekologi.
Peningkatan kebutuhan masyarakat yang tinggi ternyata menimbulkan perilaku masyarakat yang eksploratif terhadap pemenuhan kebutuhan sumber daya alam itu sendiri terjadi sangat cepat. Hal ini bisa ditandai berbagai bencana alam yang hulunya ternyata akibat tidak seimbangnya alam dan lingkungan yang merupakan lanjutan prilaku manusia itu sendiri. Dibutuhkan perubahan kualitas manusia yang memiliki peran dalam upaya menyelamatkan sumber daya alam. Dengan pengetahuan lingkungan yang lebih baik diharapkan semua elemen masyarakat sadar untuk turut melaksanakan upaya penyelamatan dan pelestarian lingkungan hidup.
Program Adiwiyata memberikan arahan kepada sekolah untuk memainkan peranan melalui pendidikan lingkungan hidup bagi peserta didik untuk menyiapkan kualitas manusia masa depan yang mampu menyelamatkan dan melestarikan sumber daya alam. Mengingat program Adiwiyata adalah program yang mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup menuju lingkungan yang sehat dan menghindarkan dampak lingkungan yang negatif.
TUJUAN PROGRAM ADIWIYATA
Tujuan Program Adiwiyata di SMPN 2 Angkinang ini dimaksudkan untuk menciptakan kondisi sekolah yang baik untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran bagi warga sekolah, sehingga dikemudian hari warga sekolah dapat ikut bertanggung jawab dalam upaya menyelamatkan lingkungan hidup dan pembangunan yang berkelanjutan.



Adapun tujuan utama adalah mewujutkan kelembagaan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan. Adapun keuntungan yang diperoleh adalah :
  1. Meningkatkan efisiensi dalam pelaksanaan operasional sekolah dan penggunaan berbagai sumber daya.
  2. Meningkatkan penghematan sumber daya melalui pengurangan konsumsi berbagai sumber daya dan energi.
  3. Meningkatkan kualitas kondisi pembelajaran yang lebih nyaman dan kondusif bagi semua warga sekolah.
  4. Menciptakan kondisi kebersamaan bagi semua warga sekolah.
  5. Dapat meningkatkan upaya menghindari berbagai resiko dampak lingkungan negatif dimasa yang akan datang.
  6. Menjadi tempat pembelajaran bagi generasi muda tentang nilai – nilai pemeliharaan dan pengelolaan lingkungan hidup yang baik dan      benar.

Sekolah Sehat

Sekolah sehat adalah suatu kondisi ideal yang akan menjadi dambaan semua lembaga pendidikan, karena sekolah sehat mengandung indikator yang sangat mendukung tercapainya tujuan pendidikan yang bermutu.
SMP Negeri 2 Angkinang  yang merupakan salah satu Sekolah Rintisan Sekolah Standar Nasional di Kabupaten Hulu Sungai Selatan  memiliki keragaman potensi untuk menuju sekolah sehat. Potensi tersebut tentu saja atas dukungan berbagai faktor, baik internak mapun eksternal, baik geografis maupun demografis. Faktor internal dipengaruhi kondisi sumber daya manusia yang memiliki komitmen keunggulan dan prestasi. Berada diatas tanah seluas 6.200 m2 dengan gedung pendukung proses pendidikan sangat memadai, mulai ruang kelas, berbagai laboratorium maupun ruang penunjang lain yang sangat representatif. Dari sisi tata letak bangunan yang didukung taman yang nyaman untuk suatu hunian pendidikan. Faktor ekternal baik lembaga birokrasi maupun masyarakat senantiasa mendukung program – program sekolah yang menerapkan tata kelola yang benar – benar berbasis lingkungan. Terletak dijalan raya antara kabupaten Hulu Sungai Selatan  dan Kabupaten Hulu Sungai Tengah  membuat sekolah pada posisi yang strategis dari sisi transportasi. Status sosial ekonomi masyarakat baik disekitar lingkungan sekolah mapun masyarakat orang tua siswa tergolong sangat sadar akan pentingnya pendidikan. Sekolah yang telah lama memiliki keunggulan – keunggulan yang senantiasa menjadi pilihan terbaik bagi proses pendidikan.
Salah satu tujuan sekolah pada tahun 2009/ 2010 adalah sukses mencapai sasaran “ Sekolah Sehat “. Dengan motto ‘ Maju Mempertahankan Mutu’ Sekolah mencanangkan Master Program ‘ Sekolah Sehat’ dengan mengembangkan derajat kesehatan lingkungan sekolah dengan sasaran Sehat Lingkungan, Sehat Akademik, Sehat non Akademik dan Sehat Pengelolaan.
Dalam mencapai sasaran tersebut diantaranya tertuang dalam Program Pengembangan UKS, dengan menekankan pada Tiga Pilar Program UKS SMP Negeri 2 Angkinang . Tiga pilar yang dimaksud meliputi , Pendidikan Kesehatan, Pelayanan Kesehatan dan Pembinaan Sekolah Sehat. Adapun muara dari hasil yang dicapai menyehatkan Pengetahuan, Ketrampilan, Wawasan, Budaya dan Kedisiplinan guna mencapai prilaku pola hidup sehat di Lingkungan Sekolah. Usaha Kesehatan Sekolah ( UKS ) adalah suatu usaha dan kegiatan yang dilakukan pihak sekolah untuk memberikan pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dan pembinaan lingkungan kehidupan sekolah sehat kepada siswa yang membutuhkan pelayanan kesehatan pada tingkat pertama (pertolongan pertama)
Sasaran yang ingin dicapai dengan kegiatan UKS diantaranya Generasi muda terbebas dari bahaya :
1.      Rokok
2.      Kenakalan remaja
3.      Kehamilan pra nikah
4.      HIV / AIDS
5.      Narkoba
6.      Kecacingan
7.      Anemia
8.      Hepatitis B . dll.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Izin dan Hak

Tidak Dilarang mengcopy,mencetak atau menyebarkan isi posting kami selama menyertakan sumber aslinya http://smpnangkinang2.blogspot.com; dan tidak untuk keperluan melanggar Undang-Undang dan Hukum yang berlaku

Usage Policies