SMPN2ANGKINANG
this site the web

BELAJAR Microsoft Word 2003

Dibawah ini kami postingkan toturial Office 2003 ,Ms.Word untuk pemula khususnya bagi siswa kami kelas VIII yang belajar tenkom , semoga bermanfaat .......


Belajar Microsoft Word 2003
1.1. Pendahuluan
Microsoft Word (MS Word) merupakan program pengolah kata yang banyak dipakai saat ini dibandingkan dengan program pengolah kata lainnya, seperti WordStar, AmiPro, WordPerfect dan lain-lain. Hal ini dipengaruhi oleh faktor fasilitas yang disediakan, kemudahan dalam menggunakan, hasil yang diperoleh, tampilan yang menarik dan lain sebagainya.
Microsoft Word, selanjutnya disebut Word 2003 merupakan pengembangan dari versi sebelumnya yang mengalami banyak perobahan dan perbaikan disana sini sehingga lebih fleksibel digunakan dan menyediakan fasilitas penuh terhadap akses internet dari setiap program aplikasinya. Kemampuan dalam membuat tabel, menyisipkan program lain ke program Word 2003 dan fasilitas lainnya yang akan bahas lebih lanjut, telah menghantarkan Word 2003 sebagai program aplikasi pengolah kata yang mutakhir saat ini.
1.2. Memulai Word 2003
Word 2003 baru dapat dijalankan apabila system operasi windows telah kita aktifkan. langkah-langkah memulai bekerja dengan Word 2003 sebagai berikut ;
1. Aktifkan Komputer terlebih dahulu.
2. Klik tombol Start yang ada pada batang taskbar.
3. Muncul sejumlah menu, pilih All Program.
4. Klik Microsoft Office.
5. Klik Microsoft Office Word 2003.
6. Tunggu hingga tampil layar Microsoft Word yang masih kosong.
1.3. Mengenal Elemen Jendela MS-Word.
Setelah Word 2003 kita aktifkan, maka akan tampil layar kosong dengan nama Document 1, seperti tampak pada gambar 2.
Menu Bar, berisi daftar menu yang dapat kita gunakan, dimana menu ini mempunyai sub menu masing-masing sesuai dengan fungsi dari menu induknya. Misalnya Menu File, maka sub menu-nya berisi segala hal yang berkaitan dengan file, begitu juga dengan menu yang lainnya. Standarnya menu ini terdiri dari Menu
File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Table, Windows dan Help tapi daftar menu juga dapat kita tambahkan sesuai dengan keperluan kita. Menu ini dapat kita pilih dengan cara meng-klik nama menu atau dengan tombol Alternate (ALT)+huruf yang bergaris bawah pada menu secara bersamaan. Misal kita akan mengaktifkan menu file maka klik-lah menu tersebut atau dengan menekan tombol ALT+F (tekan secara bersamaan).
Toolbar Standar, merupakan kumpulan icon-icon standar yang disediakan oleh Word 2003 secara otomatis. Walaupun begitu icon dari toolbar ini juga dapat kita tambah atau dikurangi sesuai keperluan.
Untuk mengetahui nama dari icon-icon tersebut dapat dilakukan dengan mengarahkan pointer mouse pada icon yang dituju, tunggu sesaat sehinggan tampil nama dari icon tersebut. Misalnya kita arahkan pointer mouse pada icon yang bergambar printer, maka akan keluar informasi nama dari icon tersebut. Lihat gambar 2.
Toolbar Formatting, termasuk toolbar default yang disediakan oleh Word 2003. Toolbar ini berisi kumpulan icon-icon yang berfungsi dalam pemformatan pada Word 2003.
Ruler, sesuai dengan namanya, bagian ini berfungsi sebagai alat bantu dalam penentuan margin (batas) dari lembar kerja. Apakah batas kiri, kanan, paragraph dan lain-lain. Ruler ini dapat kita atur ukurannya, apakah centimeter, inchi, millimeter, points atau pica. Untuk menentukan ukuran ini dapat dilakukan dengan cara :
Klik menu tool, lalu klik Options pada kotak dialog option klik general pada kotak pilihan measurement units tentukan jenis pengukuran yang diinginkan, lalu klik OK.
1.3. Mengakhiri Word 2003
Jika Anda telah selesai bekerja dengan Word 2003, Anda dapat mengakhirinya dengan menggunakan langkah berikut ;
1. Simpan terlebih dahulu lembar kerja Anda.
2. Kemudian pilih salah satu langkah untuk mengakhiri penggunaan Word 2003 berikut ini ;
Pilih dan klik File, Exit, atau
Klik tombol Close (X) yang berada pada pojok kanan atas jendela Word, atau Klik ganda icon kontrol menu yang berada pada pojok kiri atas jendela, atau Tekan tombol Alt+F4
3. Tunggu sampai jendela Word 2003 ditutup.
Mengenal Dasar-Dasar Penyuntingan
2.1. Membuat Dokumen Baru
Sewaktu kita mengaktifkan program Word 2003 otomatis dibuka lembar kerja baru dengan nama document1. Untuk merubah nama ini dapat dilakukan pada saat penyimpanan lembar kerja ini. Lalu bagaimana caranya membuka lembar kerja baru disaat Word 2003 telah aktif (mengerjakan dokumen lain). Misalnya sekarang kita sedang mengetik suatu dokumen dengan nama ‘Latihan.doc’, pada saat itu lupa belum mengetik tugas, lalu kita ingin mengerjakan tugas dahulu baru mengerjakan dokumen ‘Latihan.doc’. Bagaimana caranya untuk membuka lembar kerja yang baru ini?. Ada dua cara , yaitu ;
1. Mengaktifkan Word 2003 dari menu Start (lihat sub menu memulai Word 2003 diatas). Jika cara ini kita pilih berarti kita mengaktifkan 2 layar Word 2003 dengan nama yang berbeda. Atau dengan cara
2. Meng-klik menu File lalu pilih dan klik New, (atau langsung meng-klik icon new dengan lambang selembar kertas , maka akan muncul layar sbb
3. pada kotak dialog New pilih tab general dan klik Blank Document lalu klik OK.
Pada layar ini kita juga dapat membuka berbagai format surat, memo, web pages dan lain sebagainya. Untuk melihat masing-masingnya kita tinggal meng-klik jenis format yang diinginkan yang terletak sejajar dengan tab general.
2.2. Menggeser Insertion Point (kursor)
Insertion point sama dengan kursor, perbedaanya terletak bentuknya. Kalau insertion point berupa garis tegak (I) yang berkedip-kedip terdapat pada aplikasi windows sedangkan kursor adalah garis rebah (-) yang berkedip-kedip yang terdapat pada aplikasi DOS. Insertion point berfungsi sebagai penunjuk lokasi tempat memulai pengetikan atau menandai teks. Agar kita bergerak dengan cepat dalam suatu dokumen yang besar, maka kita harus tahu apa saja perintah untuk menggeser insertion poin ini.
Tombol
Fungsi
→ atau ←
Berpindah ke kanan atau ke kiri satu karakter
↑ atau ↓
Berpindah ke atas atau ke bawah satu baris
Ctrl+→ atau Ctrl+←
Berpindah ke kanan atau ke kiri satu kata
Ctrl+↑ atau Ctrl+↓
Berpindah ke atas atau kebawah satu paragraph
Home atau End
Berpindah ke awal atau ke akhir baris
Ctrl+Home atau Ctrl+End
Berpindah ke awal atau ke akhir dokumen
PgUp atau PgDn
Berpindah ke atas atau ke bawah satu layar
Ctrl+PgUp/Ctrl+ PgDn
Berpindah ke atas atau ke bawah satu halaman
Disamping perintah diatas, kita juga dapat mengeser insertion point ini dengan menggunakan mouse, dengan cara meng-klik pada daerah yang diinginkan, tentunya hal ini hanya dapat kita lakukan pada layar yang tampak saja. Untuk mengatasi ini kita juga dapat menggunakan tombol vertical scroll bar atau horizontal scroll bar yang terdapat pada bagian kanan dan bawah layar dengan symbol. Ingat : Tombol ini hanya berfungsi untuk menggeser layar bukan untuk memindahkan insertion point.
Cara yang paling cepat adalah dengan ;
1. Klik menu Edit
2. Pilih dan Klik Submenu Go To
3. Maka akan tampil jendela Find and Replace,seperti dibawah ini ;
4. Pada kotak pilihan go to what, kita dapat menentukan jenis pemindahan yang diinginkan. Misalkan kita klik Line
5. Pada Enter line number kita isikan 20, lalu klik go to
6. Maka insertion point sekarang berada pada baris ke 20.
Demikianlah beberapa perintah dasar dalam pengenalan MS-Word2003, selanjutnya akan dibahas perintah penyuntingan pada dokumen yang anda buat.
2.3. Menandai Teks (blok)
Jika kita ingin mengcopy, memindahkan, atau menghapus sekelompok kalimat maka kita sebaiknya menandai teks tersebut terlebih dahulu dengan tujuan untuk mempercepat proses. Menandai teks berarti kita mem-blok suatu teks sehingga warnanya berbeda dengan yang lain. Menandai suatu teks dapat kita lakukan dengan dua cara :
A. Menggunakan Keyboard, tombol yang digunakan adalah ;
Tombol
Fungsi
Shift+ →
Menandai satu karakter disebelah kanan insertion point
Shift+ ←
Menandai satu karakter disebelah kiri insertion point
Shift+ ↑
Menandai satu baris ke atas
Shift+ ↓
Menandai satu baris ke bawah
Ctrl+Shift+ →
Menandai satu kata disebelah kanan insertion point
Ctrl+Shift+ ←
Menandai satu kata disebelah kiri insertion point
Ctrl+Shift+ ↑
Menandai sampai ke-awal paragraph
Ctrl+Shift+ ↓
Menandai sampai ke-akhir paragraph
Shift+End
Menandai sampai ke akhir baris
Shift+Home
Menandai sampai ke awal baris
Shift+PgUp
Menandai sampai satu layar ka-atas
Shift+PgDwn
Menandai sampai satu layar ke-bawah
Ctrl+Shift+Home
Menandai sampai ke awal dokumen
Ctrl+Shift+End
Menandai sampai ke akhir dokumen
Ctrl+A
Menandai seluruh teks yang ada pada dokumen
B. Menggunakan Mouse
Lakukan
Fungsi, untuk memilih
Klik tahan (drag) teks yang diinginkan
Sembarang teks
Klik ganda pada kata
Satu kata
Klik pada selection bar
Satu baris
Drag pada selection bars
Beberapa baris
Tekan CTRL lalu klik kalimat yang diinginkan
Satu kalimat
Klik ganda pada selection bar atau klik 3X pada bagian paragraph
Satu paragraph
Tekan ALT lalu drag mouse ke posisi yang dinginkan
Berbentuk kolom
Catt. Selection bar adalah bagian yang terletak di sebelah kiri margin kiri. Untuk membatalkan penandaan suatu teks, kliklah disembarang tempat.
2.3. Meng-copy, Menghapus & Memindahkan Teks
A. Meng-copy Teks
Untuk meng-copy suatu teks dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut;
2. Tandailah teks yang akan dicopy
3. Klik menu Edit lalu klik Copy (atau klik icon copy )
4. Pindahkan titik sisip (insertion point) ke lokasi pengcopian.
5. Klik menu Edit lalu klik Paste (atau klik icon paste)
Selain cara tersebut di atas, Anda dapat juga menyalin teks degan menggunakan mouse, berikut;
1. Tandai teks yang akan dicopy dengan mouse
2. Klik mouse kiri lalu drag teks
3. Klik mouse kanan lalu pilih Copy
4. Pindahkan mouse ke tempat yang akan dituju
5. Klik mouse kanan lalu pilih Paste
Atau dengan cara ;
1. Tandailah teks yang akan dicopy
2. Tekan Ctrl+Drag teks tersebut dan geser mouse kelokasi tujuan peng-copian.
Atau dengan cara lain;
1. Tandailah teks yang akan dicopy
2. Tekan Ctrl+C
3. Bawa insertion point ke daerah tujuan
4. Tekan Ctrl+V
B. Menghapus Teks
Menghapus teks dapat kita lakukan sbb;
1. Tandailah teks yang akan dihapus
2. Klik menu Edit lalu klik Cut (atau klik icon Cut, gambar gunting)
Atau dengan cara ;
Tandailah teks yang akan   dihapus
Tekan tombol   Delete
Untuk menghapus teks yang telah Anda pilih, dapat juga dengan mengikuti langkah berikut ini.
1. Pilih teks yang akan anda hapus.
2. Kemudian pilih dan klik menu Edit, Clear, Contents Del atau tekan tombol Delete.
C. Memindahkan Teks
Untuk memindahkan teks yang Anda pilih ke lokasi yang baru, ikuti langkah berikut ini :
Tandailah terlebih dahulu   teks yang akan dipindahkan
Klik menu   Edit lalu klik Cut (atau klik icon Cut)
Pindahkan penujuk sisipan   (insertion point) ke daerah tujuan
Klik menu   Edit lalu klik Paste (atau klik icon Paste)
Atau dengan cara ;
Tandailah terlebih dahulu   teks yang akan dipindahkan
Drag teks tersebut dan   geser mouse kelokasi yang baru
Atau dengan cara lain;
Tandailah terlebih dahulu   teks yang akan dipindahkan
Tekan Ctrl+X   
Bawa insertion point ke   daerah tujuan, Tekan Ctrl+V
Untuk membatalkan perintah, dapat dilakukan sbb;
Klik menu   Edit
Klik   Undo
Atau cukup dengan meng-klik icon undo (gambar panah melengkung ke-kiri yang terdapat pada toolbar standard). Atau dengan menekan tombol Ctrl+Z
Untuk mengulangi perintah, dapat dilakukan sbb;
Klik menu   Edit
Klik   Redo
Atau ; cukup dengan meng-klik icon redo (gambar panah melengkung ke-kanan yang terdapat pada toolbar standard).
TIPS untuk anda:
Jika anda membuat kesalahan selama proses pengetikan, Anda dapat memperbaikinya dengan berbagai cara berikut ini :
• Tekan tombol BacksSpace untuk menghapus satu karakter di kiri titik sisip.
• Tekan tombol Delete untuk menghapus karakter di kanan titik sisip.
• Untuk melakukan pengulangan dari teks yang baru Anda ketik, pilih menu Edit, Repeat Typing (Ctrl+Y).
• Untuk menghapus teks yang baru saja Anda ketik, pilih dan klik menu Edit, Undo Typing (Ctrl+Z) atau klik tombol Undo pada toolbar Standard.
• Untuk pindah ke baris baru tanpa menyisipkan sebuah tanda paragraf, tekan tombol Shift+Enter.
2.4. Mencari dan Mengganti Teks
Pada suatu dokumen yang besar tentu kita akan kesulitan untuk mencari suatu kata tertentu atau mencari sambil mengganti kata/kalimat tersebut secara langsung. Anda jangan khawatir jika mengalami hal ini, karena untuk tujuan ini Word 2003 telah menyediakan dua fasilitas, yaitu ; Find dan Replace
Find, digunakan untuk mencari suatu kata/kalimat tertentu berdasakan kriteria yang ditentukan. Untuk mengaktifkan fasilitas ini kita tinggal klik menu Edit lalu klik Find, maka akan keluar jendela find sbb;
keterangan :
1. Pada option Find what diisikan kata/kalimat yang akan di cari, misal ‘aku’
2. Pada Search Option kita dapat menentukan arah pencarian yaitu ;
. All, mencari dari awal hingga akhir dokumen. (defaultnya ALL)
. Up, mencari keawal dokumen mulai dari posisi insertion point.
. Down, mencari keakhir dokumen mulai dari posisi insertion point.
3. Pada option Search:, terdapat 5 metode yaitu ;
. Match case, mencari kata/kalimat yang betul-betul mirip dengan kata/kalimat yang dicari.
. Find whole words only, mencari kata/kalimat tanpa memperhatikan huruf besar atau kecil.
. Use wildcards, mencari kata/kalimat dengan menggunakan metode wildcards (?). Misalnya kita mancari tiga digit huruf yang awal ‘ak’ maka gunakan wildcards dengan cara ‘ak?’, maka seluruh kata yang terdiri dari tiga karakter dengan huruf awalnya ‘ak’ akan ditemukannya. Metode pencarian ini memperhatikan huruf kecil dan besar. Maka kata ‘AKU’ tidak akan ditemukan dengan metode ini, karena menggunakan huruf besar sedangkan yang dicari adalah ‘ak?’ huruf kecil dengan digit ketiganya bebas.
. Sounds like, mencari kata/kalimat yang mirip dan hampir mirip dengan kata/kalimat yang dicari. Misalnya kita mencari kata ‘Aku’ maka kata ‘Ak’ juga akan ditemukannnya karena hampir mirip.
. Find all words forms, mencari seluruh kata/kalimat yang mempunyai bentuk/format yang sama.
4. Setelah menentukan metode pencariannya, maka kliklah Find Next untuk memprosesnya.
5. Jika pencarian selesai, maka akan muncul kotak pesan sbb;
6. Klik OK untuk menutup kotak dialog tersebut.
Replace, adalah suatu proses pencarian teks dengan cara langsung menggantikan kata/kalimat yang dicari dengan kata/kalimat yang ditentukan. Untuk menggunakan fasilitas, ikutilah langkah-langkah berikut ;
1. Klik menu Edit, lalu Klik Replace
2. Maka akan tampil jendela replace sbb;
3. Pada option Find what kita ketikkan kata/kalimat yang dicari dan diganti. Misalnya kita mencari kata ‘AKU’ dan ganti dengan ‘MY’, maka Ketikkan ‘AKU’ pada option ini.
4. Option Replace with diisi dengan kata/kalimat pengganti. Pada contoh diatas kita isi dengan ‘MY’
5. Klik Replace untuk mengganti satu persatu, atau klik Replace All untuk mengganti secara keseluruhan dan klik Find Next untuk mencari kata berikutnya.
6. Sedangkan option lainnya sama dengan yang dijelaskan pada bagian Find diatas.
2.5. Menyimpan Dokumen
Lembar kerja (document) yang kita buat dapat disimpan pada harddisk atau disket dengan cara sebagai berikut ;
1.      Pilih dan klik menu File, Save atau tekan Ctrl+S. Jika Anda menyimpan document tersebut untuk pertama kali, kotak dialod Save As
2. Pada tombol daftar pilihan Save in, pilih dan klik drive atau folder yang diinginkan.
3. Pada kotak isian File name, ketikkan nama file yang Anda inginkan.
4. Klik tombol perintah Save untuk memproses penyimpanannya.
Catatan ;
1. Dibawah pilihan Save in terdapat icon-icon alamat yang sering digunakan untuk menyimpan data. Anda dapat langsung meng-klik icon tersebut jika Anda ingin menyimpan data pada icon tersebut.
2. Jika diperlukan Anda juga dapat memilih jenis dan bentuk format penyimpanan file pada tombol daftar pilihan Save as type.
Disamping cara diatas, kita juga dapat menyimpan dokumen dengan langsung meng-klik icon save (gambar disket) yang terdapat pada toolbar standar.

Creating Content

3.1. Insert and edit text, symbols and special characters

a. Membuat, menyimpan dan Menutup Dokumen

Microsoft menciptakan suatu Dokumen kata sederhana mengetik teks. Titik penyisipan menandai adanya teks akan tampak di dalam dokumen itu. Manakala teks itu diketik di luar margin kiri, Kata memindahkan teks kebaris berikutnya. Setiap menekan Enter hanya untuk memulai paragraph baru, bukan sebuah baris baru.
Di dalam latihan ini, Anda memasukan teks ke dalam suatu dokumen baru, penambahan sebuah symbol, simpan dokumen baru anda dan tutup.
1. Pada Toolbar standard, klik New Blank Document. Suatu jendela dokumen baru membuka.
2. Dengan tanda penyisipan pada awal dokumen yang baru, ketik teks baru dan tekan enter.
3. Pada kotak isian Search text, ketikan kategori gambar, suara atau gambar animasi yang anda cari. Jika anda mengetahui nama file gambar yang diinginkan, anda juga dapat langsung mengetikan nama filenya. Misalnya, anda hendak mencari gambar dengan kategori “business”.
4. Pada tombol daftar pilihan Search in, tentukan lokasi pencarian. Anda dapat memilih All collection, jika pencarian akan dilakukan pada semua lokasi.
5. Pada tombol daftar pilihan Result should be, tentukan file yang akan anda cari. Anda dapat memilih All media file types, jika pencarian ingin dilakukan pada semua jenis file gambar, suara dan gambar animasi.
6. Untuk mulai melakukan pencarian, klik tombol perintah Search. Tunggu hingga file gambar, suara atau gambar animasi yang dicari ditemukan dan ditampilkan.
7. Untuk menempatkan gambar, suara atau gambar animasi yang telah ditemukan, pilih dan klik gambar yang anda inginkan.
8. Jika anda bermaksud mencari kategori gambar lain atau mencari nama file gambar lain, klik tombol perintah Modify.
Catatan:
· Anda dapat mengatur letak penempatan objek dengan cara memilih objek gambar, kemudian geser ke posisi baru yang anda inginkan.
· Untuk menghapus objek gambar yang sudah ditempatkan, pilihlah dengan klik di atas gambar lalu gunakan tombol Delete.
b. Posisi dan ukuran objek gambar
Anda dapat mengatur dan menata objek gambar yang sudah anda tempatkan dengan memanfaatkan baris toolbar Picture. Untuk menampilkan toolbar Picture, pilih dan klik menu View lalu Toolbars kemudian Picture.
Penggunaan tombol toolbar picture:
Perintah
Keterangan
Insert picture
Digunakan untuk menyisipkan atau menempatkan objek gambar baru.
Color
Digunakan untuk mengatur warna atau image objek (Automatic, Grayscale, Black & White dan Washout)
Rotate left
Digunakan untuk merotasi atau memutar posisi objek
Crop
Digunakan untuk menggunting sebagian objek
Line style
Digunakan untuk memilih garis atau bingkai
Text Wrapping
Digunakan untuk mengatur pelipatan text terhadap objek
Reset picture
Digunakan untuk mengembalikan tampilan objek ke bentuk semual (kondisi default)
Untuk mengatur ukuran gambar anda dapat menggunakan mouse kemudian drag gambar tersebut dengang menahan klik kiri mouse setelah muncul tanda panah pengubahan ukuran diatas kotak kecil pada sisi-sisi gambar.
c. Mengatur Format Tampilan Objek Gambar yang Sudah Ditempatkan
Untuk mengatur tampilan gambar dapat anda gunakan langkah berikut:
  1. Pilih Objek yang akan anda atur formatnya.
  2. Pilih dan klik menu Format lalu Picture.
  3. Klik tab Colors and Lines, kemudian pada bagian Fill lakukan pemilihan dan pengaturan warna dan motif latar belakang yang anda inginkan.
  4. Klik tab Size, untuk mengatur ukuran gambar.
Pada bagian Size and rotate, tentukan tinggi gambar (Height), lebar gambar (Width) dan rotasi gambar (Rotation).
Ukuran gambar juga dapat anda atur dengan mengubah presentase skala tinggi gambar (Height) dan presentase skala lebar gambar (Width) yang ada pada bagian Scale.
  1. Klik tab Picture, untuk melakukan pemotongan gambar (crop) dan mengatur image bagian gambar.
Pada bagian Crop form, lakukan pengisian jarak pemotongan gambar yang anda inginkan.
Ø Left, untuk memotong mulai dari sisi kiri.
Ø Right, untuk memotong mulai dari sisi kanan.
Ø Top, untuk memotong mulai dari sisi atas.
Ø Bottom, untuk memotong mulai dari sisi bawah.
Pada bagian Image control, lakukan pemilihan dan pengaturan berikut ini:
ü Pada tombol daftar pilihan Color, pilih dan klik dari objek gambar. Image yang dapat anda pilih diantaranya adalah Automatic, Grayscale, Black & White dan Water Mark.
ü Menggunakan slider Brightness, aturlah terang dan gelapnya objek gambar.
ü Menggunakan slider Contrast, aturlah kekontrasan objek gambar.
  1. Klik tab layout, untuk melakukan pengaturan penempatan objek gambar pada dokumen.
    • Pada bagian Wrapping Style, pilih dan klik cara pengabungan objek gambar dengan teks pada dokumen.
    • Pada bagian Horizontal alignment, beri tanda atau klik tombol pilihan penempatan gambar secara mendatar pada dokumen.
  2. Klik OK.
3. Pada kotak dialog, pilih dan klik gaya tampilan teks yang anda inginkan (WordArt Style). Kemudian klik OK. Kotak dialog Edit WordArt Text ditampilkan.
4. Pada kotak Text, ketikkan teks yang anda inginkan.
5. Jika diperlukan, tentukan pula jenis huruf (font), ukuran huruf (size) dan gaya tampilan huruf (bold dan italic).
6. Klik OK.
3.3. Create and modify diagrams and charts
a. Menempatkan objek berbentuk diagram
Word 2003 menyediakan fasilitas untuk memudahkan anda membuat dan menempatkan objek berupa diagram. Untuk menempatkan objek berbentuk diagram, ikuti langkah berikut ini:
  1. Tempatkan titik sisip di posisi yang anda inginkan.
  2. Pilih dan klik menu Insert lalu Diagram. Kotak dialog Diagram Gallery ditempatkan.
6.1. Insert, View and edit comments
Komentar (comment) adalah tempat yang cocok untuk menyimpan pertanyaan dan catatan untuk anda sendiri atau orang lain yang ikut melakukan review terhadap dokumen. Komentar ini akan ditampilkan jika anda mengarahkan penunjuk mouse ke bagian dokumen yang diberi komentar. Untuk menyisipkan sebuah komentar atau catatan pada suatu bagian dokumen, ikuti langkah berikut ini:
1. Pilih teks atau bagian dokumen yang akan anda beri komentar atau tempatkan titik sisip pada teks tersebut.
2. Pilih dan klik menu Insert lalu Comment untuk menyisipkan tanda komentar dan menampilkan kotak komentar.
3. Ketik komentar yang anda inginkan pada kotak komentar yang tersedia.
Jika disisipkan komentar, secara otomatis baris toolbar Reviewing ditampilkan. Baris toolbar Reviewing dapat juga ditampilkan atau disembunyikan dengan cara memilih View lalu Toolbars kemudian Reviewing. Bagian ini bermanfaat agar perubahan, komentar dan catatan yang dilakukan oleh pemakai lain mudah tertelusuri.
Menggunakan tombol toolbar Reviewing:
§ Final Showing Markup (perintah Display for Review) digunakan untuk menampilkan atau menyembunyikan komentar/catatan yang sudah ditempatkan.
§ Show digunakan untuk mengatur apa saja yang ingin ditampilkan guna memudahkan penelusuran perubahan.
§ Previous digunakan untuk mencari mundur semua komentar atau catatan.
§ Next digunakan untuk mencari maju semua komentar atau catatan.
§ Delete Comment digunakan untuk menghapus komentar atau catatan.
§ Next Comment digunakan untuk menempatkan komentar atau catatan baru.
§ Highlight digunakan untuk memberikan warna latar belakang teks.
§ Reviewing Pane digunakan untuk menampilkan jendela komentar atau catatan
6.2. Mengatur Margin
Margin merupakan jarak antara tepi antara daerah pengetikan teks dengan tepi halaman kertas. Pengturan margin akan berlaku untuk seluruh dokumen, kecuali anda telah memilih teks tertentu atau membagi dokumen ke dalam beberapa bagian. Untuk mengatur margin ikuti langkah berikut:
1. Pilih dan klik menu File, Page Setup.
2. Pada kotak dialog Page Setup, klik tab Margins.
3.Tentukan jarak dan batas margin yang anda inginkan.
*Top, untuk menentukan batas margin atas.
*Bottom, untuk menentukan batas margin bawah.
*Left, untuk menentukan batas margin kiri pengetikan.
*Right, untuk menentukan batas margin kanan pengetikan.
4. Gutter, akan memberikan jarak tambahan pada bagian dalam (margin kiri untuk halaman ganjil dan margin kanan untuk halaman genap. Jarak ini biasa dipakai untuk daerah penjilidan jika anda memilih kotak cek Mirror Margin.
5. Countinuos pada posisi titik sisip dan pengaturan yang anda pilih akan berlaku mulai bagian ini.
6. Pada kotak Orientation, beri tanda atau klik tombol pilihan Portrait untuk percetakan dengan posisi tegak atau Landscape untuk percetakan dengan posisi tertidur.
7.1. Create new Document using templates
  1. Pilih dan klik menu File lalu New. Jendela Task Pane – New Document di sebelah kanan ditampilkan.
2. Pada tombol daftar pilihan Look in, pilih dan klik drive atau folder yang anda inginkan.
3. Dengan menggunakan tombol mouse sebelah kanan, klik nama file yang anda inginkan. Menu shortcut dari file dokumen akan ditampilkan.
4. Pada menu shortcut tersebut, pilih dan klik salah satu perintah dibawah ini:
*Open, digunakan untuk membuka file dokumen yang anda pilih. Selain menggunakan perintah Open, anda juga dapat membuka file dokumen yang anda inginkan dengan cara mengklik dua kali file tersebut.
*Print, digunakan untuk mencetak file dokumen yang anda pilih ke printer.
7.3. Print documents, envelopes and labels
Setelah anda selesai membuat dokumen berupa surat, anda dapat dengan mudah mencetak alamat yang dituju dan alamat pengirimnya pada amplop atau kertas stiker label.
Mencetak amplop :
  1. Buka atau aktifkan surat yang akan anda cetak amplopnya.
  2. Pilih dan klik menu Tools, pilih Letters and Mailings kemudian klik envelopes and Labels.
Gambar Kotak Envelopes dan Labels
  1. Pada kotak dialog tersebut, klik tab envelopes untuk melakukan pengaturan pencetakan pada amplop.
  2. Pada kotak dialog tersebut, klik tab Envelopes untuk melakukan pengaturan pencetakan pada amplop.
  3. Pada kotak isian Delivery address, ketikkan alamat yang dituju. Apabila anda membuat surat dengan menggunakan Letter Wizard yang dilengkapi alamat yang dituju, biasanya kotak isian ini otomatis akan terisi.
  4. Kotak isian Return address, diisi dengan alamat pengirim. Apabila anda membuat surat dengan menggunakan Letter Wizard yang dilengkapi alamat pengirim, biasanya kotak isian ini otomatis akan terisi.
  5. Klik tab Envelope Options untuk mengatur ukuran amplop, jenis huruf untuk alamat pengirim serta mengatur posisinya pada amplop.
  • Tombol daftar pilihan Envelope size, digunakan untuk memilih ukuran amplop.
  • Tombol perintah Font pada kotak Delivery address, digunakan untuk memilih jenis huruf, ukuran huruf, gaya tampilan huruf, warna huruf dan efek khusus lainnya dari teks alamat yang dituju. Bila perlu pada kotak isian From left dan From top, atur letak penempatan teksnya pada amplop.
  • Tombol perintah Font pada kotak Return address, digunakan untuk memilih jenis huruf, ukuran, gaya tampilan huruf, warna huruf dan efek khusus lainnya dari teks alamat pengirim. Bila perlu pada kotak isian From left dan From top, atur letak penempatan teksnya pada amplop.
  1. Klik tab Printing Option untuk mengatur cara penempatan amplop yang akan dicetak pada printer.
  2. Klik OK, untuk kembali ke kotak dialog Envelops and Labels.
  3. Apabila anda bermaksud menempatkan rancangan amplop surat pada dokumen surat yang anda akan kirimkan, klik tombol perintah Add to Document.
  4. Klik tombol perintah Print untuk mulai melakukan proses pencetakan amplop.

.



0 komentar:

Posting Komentar

 

Izin dan Hak

Tidak Dilarang mengcopy,mencetak atau menyebarkan isi posting kami selama menyertakan sumber aslinya http://smpnangkinang2.blogspot.com; dan tidak untuk keperluan melanggar Undang-Undang dan Hukum yang berlaku

Usage Policies